SATUKLIK[dot]NET Solusi Transportasi Anda
SATUKLIK[dot]NET : TIKET PESAWAT GARUDA INDONESIA, LION AIR, BATAVIA AIR, SRIWIJAYA AIR, CITYLINK, MERPATI NUSANTARA AIRLINE, RIAU AIRLINE, TRANS NUSA, KARTIKA AIRLINE, dan KERETA API
Information
2 user sedang online
Anda pengunjung ke-86,588
CS 1eticketindonesia
News

Goa di Yogyakarta

7 Januari 2009

GOA CERME

Goa Cerme terletak kurang lebih 30 km disebelah selatan kota Yogyakarta , tepatnya di dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kec. Imogiri Bantul. Daerah ini dapat ditempuh dengan menggunakan bus jurusan Yogyakarta - Imogiri - Panggang, turun di dipertigaan Silok kemudian diteruskan  dengan menggunakan angkutan pedesaan jurusan dusun Srunggo. Kondisi jalan beraspal sampai didusun terakhir Srunggo yang terletak kurang lebih 1,5 Km dari mulut Goa. Untuk mencapai mulut gua Cereme pengunjung harus berjalan kaki dari Dusun Srunggo dengan gardu pandang bagi pengunjung untuk menikmati keindahan panorama alam sekitarnya. Panjang goa Cereme kurang lebih 1300 meter dengan keindahan ornamen dinding alam yang menakjubkan.

 GOA KISKENDO
Taman wisata ini terletak 35 kilometer di sebelah Barat kota Yogyakarta, di peghunungan Menboreh. Taman Wisata ini terdiri dari Goa Kiskendo, Goa Sumitro dan Watu Blencong . Merupakan goa alam di pegunungan Menoreh yang terletak 1200 m di atas permukaan laut yang berhawa sejuk, dari bentuk serta keadaannya sangat serupa dengan apa yang yang tersirat dalam legenda dalam legenda Istana Goa Kiskendo (yang merupakan fragmen dari cerita Ramayana ), tempat tinggal Raksasa Mahesasura yang berkepala kerbau dan Lembusura yang berkepala sapi.Dalam kisah pewayangan, di tempat ini terjadi pertempuran antara Subali Sugriwa dengan Mahesasura dan patih Lembusura yang menghuni goa ini.Di samping itu keadaan-keadaan geologis dari goa-goa yang ada di daerah berbatu kapur,Di dalam goa Kiskendo ini terdapat banyak stalaktit dan stalagmit yang aneh namun indah bentuknya.Di dalam goa ini mengalir sungai di bawah tanah yang dalam cerita pewayangan, dan dalam pertempuran antara Subali ; Sugriwa dan Mahesasura ; Lembusura, mengalirkan air berwarna merah dan putih. 

GOA SELARONG
Kawasan obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah serta cocok digunakan sebagai Bumi Perkemahan ( Camping Ground ). Kawasan obyek wisata Goa Selarong dulu terkenal sebagai sentra penghasil jambu biji yang beraroma khas dan sekarang dikembangkan untuk penanaman pohon klengkeng yang diarahkan sebagai kawasan agrowisata. Selain itu para pengunjung juga dapat menyaksikan secara langsung proses pembuatan dan hasil kerajinan tangan masyarakat setempat, yakni kerajinan kayu yang menghasilkan patung, topeng, dan lain-lain. Goa Selarong dikenal sebagai markas Pangeran Diponegoro pada waktu berperang melawan Belanda tahun 1825-1830. Lokasi : di Desa Guwosari, Kec. Pajangan kurang lebih 10 Km dari Yogyakarta ke arah Selatan . Atraksi / Event Wisata Upacara Haul P Diponegoro setiap tanggal 8 Januari , Pentas Seni Budaya ( Liburan dan Lebaran ). Fasilitas Tempat Parkir, MCK, Warung Makan, Jaringan Listrik, Mushola dan Souvenir Shop.Tiket masuk  : Rp. 850,- ( termasuk Asuransi Rp. 100,- ) Angkutan Umum Rute jalur Bis  : Yogyakarta ( Terminal Bis Umbulharjo ) - Bantul Rp. 2.000,-/orang, dan dilanjutkan Angkutan kota Rp. 2.000,-

GOA LANGSE
Gua ini berada di sebelah timur pantai Parangtritis. Mulut gua Langse berada di atas karang terjal dan curam, langsung menghadap ke laut terbuka. Dahulu gua ini digunakan sebagai tempat meditasi. Untuk mencapai gua tersebut dibutuhkan keberanian tinggi, sebab hanya tersedia tangga yang terbuat dari bambu dan tali rotan sebagai sarana untuk menaiki dan menuruni gua. Lokasi : Kabupaten Bantul Transportasi : mikro bus Yogyakarta-Parangtritis

 GOA SUMITRO
Goa ini terletak tidak jauh dari Goa Kiskendo. Tata ruangnya-pun tidak jauh berbeda. Dari dalam goa mengalir sungaiyang biasa dimanfaatkan penduduk untuk mengairi sawah mereka . Nama gua inipun berkaitan dengan legenda, yakni sebagai bekas pertapaan Bambang Sumitro, salah seorang putra Pandawa Raden Harjuna dari kisah pewayangan Mahabarata

 

 GOA JATIJAJAR
Gua Jatijajar di Kebumen juga patut dikunjungi, gua ini membentang sepanjang seratusan meter dan kedalaman 40m memiliki 4 buah sendang, mawar, kantil, jombol dan puserbumi yang keluar dari dinding gua dan menghilang lagi. Gua ini memiliki banyak lubang keluar dibagian atas, siluet sinar matahari yang menerobos masuk ventilasi gua memberikan kesan indah. Lokasinya sekitar 21km selatan Gombong. Gua-gua alam gamping di Pegunungan Sewu membentang dari barat ke timur meliputi propinsi Jawa Tengah, Jogjakarta dan Jawa Timur. Pegunungan Sewu tersusun dari hampir sepuluh ribu bukit-bukit berketinggian ratusan meter dgn relief "tempurung kelapa" - sebuah ciri morfologi batuan gamping (kars) yg telah mengalami pelarutan. Gua gamping umumnya memiliki relief unik, terbentuk dari proses pelarutan pengendapan zat kapur secara kimia dan fisika dalam jangka ribuan tahun. Batu gamping secara fisik cukup keras, tetapi mudah terlarut secara kimia ketika bereaksi dengan karbon dioksida yang terbawa didalam air tanah membentuk senyawa kalsium karbonat. Reaksi pelarutan ini menyisakan rongga-rongga yang terus berkembang membentuk sistem per-goa-an di dalam tanah.

 Rongga Gua Luweng Jaran di Pacitan mencapai panjang 19km, sedangkan rongga vertikal Gua Luweng Ombo mencapai kedalaman 110meter. Gua terpanjang di dunia Mamoth-Flinth, di Kentuky USA mempunyai rongga sepanjang 526km dan rongga terdalam adalah gua Lamprechtsofen, Austria mencapai 1.632meter di bawah tanah. Selanjutnya proses pembentukan relief-relief gua (speleothem) seperti stalagmit, stalagtit berasal dari proses pengendapan (presipitasi) kembali kalsium karbonat karena lepasnya gas karbondioksida oleh penguapan di dalam rongga gua. Proses pengendapan ini menghasilkan mineral kalsit yang berlangsung sangat perlahan; kristal demi kristal.  

Di daerah bebatuan gamping, air hujan cepat menyusup kedalam lapisan-lapisan batuan gamping. Hal ini akibat banyaknya celah pada bebatuan gamping sehingga kawasan kars tampak kering kerontang di permukaannya. Padahal di dalam perut bumi air berlimpah membentuk sungai-sungai dan danau bawah tanah. Contohnya adalah kawasan Gunung Kidul di Jogjakarta yang terlihat kering di permukaan tetapi menyimpan aliran sungai bawah tanah debit tinggi. Sungai ini bisa disaksikan didalam Gua Bribin, baru muncul ke permukaan bumi di pantai Baron yang menghasilkan keunikan tersendiri - sebuah pantai dengan rasa air tawar.

 Tidaklah berlebihan kalau wisata gua merupakan alternatif menarik dan dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Mitos dan sejarah gua yang diceritakan pemandu wisata melengkapi daya tarik keunikannya. Ornamen bebatuan, suara gema, cericit kalelawar merupakan pengalaman mengesankan untuk petualangan pertama anak-anak. Gua-gua tersebut sepenuhnya aman dan tidak menyeramkan seperti bayangan banyak orang. Lokasinya-pun mudah dicapai dengan segala jenis kendaraan.

sumber : www.pemda-diy.go.id



Baca juga
  » 9 September 2009
Pantai Wediombo Gunungkidul Yogyakarta
Indahnya pantai Wediombo..

  » 4 September 2009
Obyek Wisata Kaliurang Yogyakarta
Kawasan wisata kaliurang..

  » 22 Januari 2009
Empat Faktor Pengaruhi Penyesuaian Harga BBM
Penyesuaian harga didasarkan empat hal yaitu .....

  » 20 Januari 2009
Wapres Kunjungi Depo Pertamina Plumpang
Kebakaran yang menimpa ....

  » 19 Januari 2009
Depot Plumpang Segera Beroperasi Normal
Kebakaran di tangki timbun ......

 

© 2011 SATUKLIK[dot]NET  Solusi Transportasi Anda
info[ad]satuklik[dot]net
YM : eticketindonesia@yahoo.com
0888 132 5511


Toko Online